Mengukus makanan memiliki aneka keuntungan dibanding metode memasak lainnya.
Mengukus makanan memiliki aneka keuntungan dibanding metode memasak lainnya. (sumber: Free Digital Photos)
Dengan mengukus, sayuran bisa terjaga kandungan nutrisinya sekaligus bisa disiapkan dalam waktu yang hampir sama dengan merebus.

Mengukus adalah salah satu cara tercepat sekaligus paling efisien untuk memasak sayuran segar. Memang Anda bisa merebus sayuran, tapi karena terendam dalam air mendidih, sayur itu cenderung kehilangan kandungan nutrisi penting di dalamnya.

Dengan mengukus, sayuran bisa terjaga kandungan nutrisinya sekaligus bisa disiapkan dalam waktu yang hampir sama dengan merebus. Begitu juga dengan aneka keuntungan lain dari mengukus.

Untuk mengukus makanan, Anda bisa mengikuti dasar-dasar sebagai berikut.

1. Cucilah sayuran dan tempatkan di dalam keranjang atau saringan.
2. Tempatkan saringan tadi ke dalam panci. Pastikan saringan memiliki gantungan di sisinya sehingga tidak terendam ke dalam air.
3. Masukkan air ke dalam panci. Anda tak perlu memasukkan terlalu banyak air, pastikan untuk mendidih selama beberapa menit dan Anda tak kehabisan air di dalam panci.
4. Tutuplah panci dengan tutup yang longgar dan pastikan Anda tak menutupnya dengan rapat. Ini dilakukan agar uap dalam panci tak tertahan di dalamnya.
5. Panaskan air hingga mendidih kemudian kecilkan api saat air mulai mendidih. Biarkan air mendidih dalam waktu yang konstan.
6. Kukuslah sayuran dalam waktu 10-15 menit. Pastikan air dalam panci tidak habis karena menguap sepenuhnya.
7. Jika Anda mengukus dua masakan pada saat yang bersamaan, tempatkan masakan yang membutuhkan waktu lebih lama di bagian bawah.